Mie Saus Bumbu Maggi

Mentega berbudaya Prancis dan saus Bumbu Maggi mungkin bukan salah satu dari pasangan paling klasik, tetapi itu adalah kombinasi yang disukai hati penulis buku masak Andrea Nguyen.

Sebelum Nn. Nguyen dan keluarganya meninggalkan Vietnam pada tahun 1975 untuk beremigrasi ke Amerika Serikat, ibunya akan mengikis serpihan kecil mentega – diimpor dari Perancis dalam kaleng – ke potongan baguette, lalu taburkan saus Bumbu Maggi di atasnya. Mentega berbudaya Normandia, sudah asin dan sedikit funky, menjadi lebih dari bumbu.

Setelah keluarga menetap di California, ibu Ms. Nguyen menggoreng spageti dengan banyak mentega, menambahkan Maggi ke dalam campuran. Kompleks, lembut, dan sangat menghibur, karakter umami yang intens persis seperti yang dicoba untuk ditangkap oleh Nguyen dalam resep mie instan ini, diadaptasi dari buku masak terbarunya, “Vietnam Food Any Day”.

“Ini versi yang lebih canggih dari apa yang saya makan,” kata Ms Nguyen.

Alih-alih saus Bumbu Maggi, kunci hidangannya adalah lapisan rasa: Saus ikan, jamur, saus tiram, semuanya memberikan kedalaman. Mentega asin yang dibudidayakan, yang tak terduga di sebagian besar hidangan mie goreng, menambahkan keasaman dan krim, melapisi mie dengan saus beludru.

Yang benar-benar mendorong cita rasa hidangan ke tepian adalah taburan monosodium glutamat (MSG). Ini bukan bahan yang sering terlihat di buku masak yang diterbitkan di Amerika Serikat sejak tahun 1970-an, ketika buku itu mendapatkan reputasi yang sudah dibantah karena membuat orang sakit.

Tapi ini tradisional di banyak bagian Asia, termasuk Vietnam, tempat itu disebut bot ngot (bubuk manis), kata Ms Nguyen. “Ini memberikan catatan gurih manis untuk makanan yang selalu kita cari, sedikit rasa manis yang kontras dengan rasa asin.”

Bagi siapa pun yang tidak ingin menggunakan MSG lurus (yang tersedia di pasar Asia dan dijual sebagai Penambah Rasa Rasa di tempat lain), Nn. Nguyen merekomendasikan untuk mengganti ragi gizi atau basis stok ayam.

Saya menguji resep mie Nguyen dengan menggunakan ketiganya, dan yang dibuat dengan MSG adalah yang terkaya dan terbaik, meskipun dua lainnya masih diminum.

Dan ketika saya menggoreng semua mie itu, saya membuat beberapa perubahan sendiri. Aku menggandakan jamur, dan mengaduk sawi hijau dan daun ketumbar ke dalam wajan untuk kesegaran.

Ketika saya memberi tahu Bu Nguyen tentang sayuran yang ditambahkan, dia memberikan persetujuannya. “Ini hidangan yang bisa disesuaikan,” katanya. “Ada cukup umami untuk berkeliling.”

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *